Blog

Gender Dan Inklusi

Gender Dan Inklusi

Apa itu Gender?

Gender adalah pembedaan (bukan perbedaan) antara laki-laki dan perempuan, baik dalam bentuk nilai, posisi, peran, maupun relasi, yang merupakan bentukan/konstruksi sosial. Konstruksi ini dipengaruhi tempat, waktu, suku/ras, politik, ekonomi, sosial budaya, dan interpretasi agama sehingga bisa berubah-ubah.

Apakah Jenis Kelamin = Gender?

Jenis kelamin dan gender adalah dua hal yang berbeda. Jenis kelamin adalah sesuatu yang sudah ada secara biologis, dan tetap sama kapan saja, di mana saja.

Sementara gender beserta atributnya bersifat sosial, dapat berubah-ubah dipengaruhi waktu, lingkungan, dan budaya.

Apakah Perbedaan Berarti Tidak Setara?

Perbedaan dan ketidaksetaraan adalah hal yang berbeda. Anak perempuan dan anak laki-laki memiliki perbedaan biologis yang umumnya terletak pada organ reproduksinya, tapi hal ini seharusnya tidak berdampak pada ketidaksetaraan status / hak keduanya.

  • Contoh ketidaksetaraan: anak perempuan dinilai lebih lemah secara mental dan fisik, sehingga hanya dipercayakan tugas administratif dan domestik. Sementara anak laki-laki dinilai lebih kuat secara mental maupun fisik, sehingga dipercaya untuk mengambil keputusan penting dan menjadi pemimpin di posisi strategis.

Mengapa Gender Penting?

Kita semua dipengaruhi oleh gender! Gender mendikte kita apa yang pantas dan tidak pantas bagi perempuan dan laki-laki di usia anak-anak maupun dewasa dalam masyarakat.

Mempelajari gender menjadi penting untuk mengidentifikasi kemungkinan diskriminasi gender antara peran perempuan dan laki-laki, sehingga kesetaraan peran, status dan hak di antara keduanya dapat terjaga.

Konstruksi gender juga mempengaruhi bagaimana kamu menentukan cita-citamu, pendidikanmu, bahkan pekerjaanmu nanti lho! Sudah semestinya anak perempuan dan anak laki-laki bebas memiliki cita-cita yang mereka mau, karena sesungguhnya mereka setara.

Perempuan bisa menjadi pemimpin dan ahli komputer, sebagaimana laki-laki bisa jadi ahli masak dan sekretaris. Semua sama, semua setara !

Share this Post:  

Link Terkait: