Blog

Lentera Untuk Selat Sunda

Lentera Untuk Selat Sunda
Lentera Untuk Selat Sunda

22 Desember 2018, Tsunami menghantam kawasan Selat Sunda pada Sabtu malam. .
-
Hingga Selasa (25/12), berdasarkan catatan Humas BNPB, setidaknya 429 orang meninggal, 1.485  luka-luka, 154 orang hilang dan 16.082 orang mengungsi. Sementara 882 rumah, 73 penginapan dan 60 warung milik warga rusak berat (@detikcom, 2018)
-
Yayasan Lentera Anak (lenteraanak_), Ruandu Foundation (ruandufoundation_), Gagas Foundation (@gagasfoundation_), Forum Anak Kota Palu (forumanaknosarara), Forum Anak Pandeglang (@fa_pandeglang) dan Forum Anak Sumatera Barat (@fordasumbar) merespon bencana yang melanda Selat Sunda melalui #LenterauntukSelatSunda
-
Salurkan bantuan Anda melalui: 
Mandiri (Cabang Margonda Depok)
Nomor rekening: 157 000-616-8398 (atas nama Yayasan Lentera Anak)
Kode Cabang: 15700
Swift Code: BMRIIDJA
-
Kami menerima semua bantuan baik Dari dalam maupun luar negeri

_____________________________________________________________________________________________ 

2 Januari 2019,Terjadinya bencana tsunami selat sunda disusul dengan banjir yang melanda khususnya di Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang menyebabkan terjadinya beberapa kerusakan infrastruktur khususnya rumah warga sekitar. Hal tersebut membuat warga sekitar terpaksa harus tinggal di posko pengungsian di beberapa titik yang telah disediakan.
-
Anak merupakan salah satu korban yang rentan ketika terjadinya bencana, selain karena belum siap untuk menghadapi bencana, anak juga sangat rentan terserang penyakit ketika terjadinya bencana dan anak memiliki tingkat traumatik yang cukup mengkhawatirkan.
-
#LenterauntukSelatSunda merespon hal tersebut pada hari Sabtu (29/12) bersama @fa_pandeglang berinisiatif untuk melakukan Play Therapy yang berjudul “Kembalikan Senyum Mereka” di Posko Majlis Taklim Al-Hidayah untuk membantu anak–anak yang terkena dampak bencana agar dapat kembali ceria dan guna memonitoring kondisi mereka khususnya kondisi psikologis.

 

 _____________________________________________________________________________________________

28 Januari 2019, Forum Anak Kabupaten Pandeglang (@fa_pandeglang) kembali melaksanakan kegiatan Play Therapy yang ke 4 dengan memfokuskan untuk memberikan pemahaman tanggap bencana dan bermain untuk mengasah kecerdasan anak–anak yang berada di posko pengungsian.
-
Pemahaman tanggap bencana dikemas dalam bentuk dongeng menggunakan media boneka, adapun karakter boneka yang dimainkan adalah boneka monyet, boneka gajah dan boneka ikan hiu. Pesan yang terkandung didalam dongeng tersebut adalah Pergi ketempat yang tinggi jika ada potensi tsunami, tetap tenang jika ada potensi tsunami dan jika tsunami telah terjadi, usahakan makanan bergizi agar tubuh tetap sehat.
-
Ada juga permainan menguji kecerdasan yaitu puzzle yang dimainkan berkelompok. 1 buah puzzle dimainkan oleh 5-7 orang per kelompoknya dan ternyata anak-anak sangat antusias dan mereka berhasil menyelesaikan permainan tersebut dengan baik.
-
Dari hasil pengamatan FA Pandeglang selama 4 kali pertemuan, anak–anak yang berada di posko
tersebut cenderung mengalami peningkatan dari sisi psikologisnya. Ada beberapa anak yang
pada awalnya murung tetapi sekarang mereka sudah seutuhnya ceria dan terlihat sudah tidak ada beban lagi.
-
Yayasan Lentera Anak

Share this Post:  

Link Terkait: